A. Menggunakan MS.POWERPOINT Tujuan Menggunakan perangkat lunak presentasi (Ms.PowerPoint) Indikator Mengenal menu-menu di MS.Powerpoint Mengatur dan mengolah slide presentasi Memasukkan gambar pada slide presentasi Menggunakan animasi slide transisi dan animasi pada teks/gambar Menjalankan slide presentasi MS. Powerpoint yang digunakan pada tutorial ini adalah MS.Powerpoint Powerpoint merupakan perangkat lunak presentasi yang paling banyak digunakan saat ini. Banyak dari kita yang sudah menguasai Powerpoint namun masih banyak juga yang belum mengetahui syarat-syarat slide presentasi yang baik. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan membuat slide presentasi. i. Gunakan ukuran FONT minimal 24, kalau pun terpaksa kita masih bisa menggunakan sampai dengan minimal 18 dan jangan gunakan kurang dari itu. Cara mengecek apakh ukuran huruf yang kita gunakan tepat atau belum adalah dengan menampilkan pada Slide Show (F5), kemudian cobalah untuk melihat dari jari cm, masih kelihatan atau tidak. ii. Gunakan aturan 6 x 7; artinya banyaknya kalimat dalam satu slide maksimal 6, dan banyaknya kata per baris maksimal 7. Hal ini akan menunjukkan bahwa ukuran huruf yang Anda gunakan sudah tepat. iii. Gunakan jenis huruf yang ada lekuk-lekuknya, misalnya: hindari penggunaan jenis huruf Times New Roman, Harrington, Batang, Lucida Handwriting dll. 1 M o d u l K o m p u t e r H e r i I s t i y a n t o ( i s t i y a n t o. c o m )
2 Cobalah untuk menggunakan jenis huruf yang tidak membuat mata lelah, misallnya Arial, Calibri dll. iv. Hindari penggunaan warna huruf dan background yang tidak sepadan. Misalnya teks berwarna kunig, sedangkan background berwarna putih. Usahakan gunakan warna teks dan background yang bersesuaian, misalnya teks berwarna kuning, background berwara hitam. v. Hindari penggunaan warna yang berlebihan agar slide kita terlihat profresional dan tidak ramai. vi. Gunakan animasi teks dan transisi seperlunya, dan tidak harus semua teks dan gambar kita beri animasi. Gunakan animasi seperlunya saja. vii. Hindari efek sound pada teks atau gambar, tujuannya adalah agar tidak mengaburkan isi slide presentasi. Semua file di MS.Powerpoint 2007 disimpan dalam bentuk PPTX dan juga dapat disimpan dalam versi-versi sebelumnya (PPT) atau versi lain (PPS dll... ). Berikut tuntunan praktis pembuatan slide presentasi di Powerpoint Menambah Slide Baru Ada berbagai cara untuk menambah slide baru, diantarnya klik kanan pada slide, kemudian pilih New Slide Cara lainnya adalah dengan mengeklik New Slide pada Ribbon Menu Slides. 2 M o d u l K o m p u t e r H e r i I s t i y a n t o ( i s t i y a n t o. c o m )
3 2. Memilih/Mengganti Theme/Template Untuk mengganti theme/templates klik Design pilih satu theme yang disukai, atau kalau masih kurang koleksi theme-nya Anda dapat mendownload template Powerpoint di PowerpointSkins.Com File yang di download di Powerpointskins.com kemudia dimasukkan melalui Browse for Themes 3. Memasukkan Gambar Gambar yang akan dimasukkan di Powerpooint dapat dijadikan sebagai penghias/penarik slide presentasi sekaligus dapat dijadikan sebagai background. Untuk memasukkan gambar, Insert Picture, kemudian arahkan ke letak file gambar Anda (di C atau D atau My Documents dst) 3 M o d u l K o m p u t e r H e r i I s t i y a n t o ( i s t i y a n t o. c o m )
4 4. Memasukkan Video Untuk memasukkan video ke slide Powerpoint, klik menu Insert, kemudian pilih Movie From File. Format file video yang dapat dimasukkan ke dalam Powerpoint adalah video dengan format AVI, MP4, Mpeg, WMV dan ASF. 5. Memasukkan Shapes dan Membuat Bagan Proses Misalkan kita akan membuat tombol NEXT dari Shape, maka langkah pertama adalah klik menu Insert, kemudian pilih Right Arrow. Drag dan lepaskan pada slide presentasi. 4 M o d u l K o m p u t e r H e r i I s t i y a n t o ( i s t i y a n t o. c o m )
5 6. Membuat Hyperlink Hyperlink merupakan fasilitas di Powerpoint yang digunakan untuk menghubungkan antar slide, antar menu, antar kalimat yang berhubungan dll. Misalkan tombol NEXT yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya kita tambahkan hyperlink ke slide berikutnya, maka langkahnya klik kanan pilih Hyperlink Pilih Place in This Document dan arahkan ke Next Slide. 5 M o d u l K o m p u t e r H e r i I s t i y a n t o ( i s t i y a n t o. c o m )
6 Berikut beberapa Shapes yang sering digunakan pada slide Powerpoint. 7. Menambahkan Actions Actions bermanfaat untuk menambahkan perintah-perintah yang secara default ada di Powerpoint. Dengan Action kita juga dapat menambahkan perintah-perintah dari Visual Basic (Macro) sehingga slide presentasi dapat dibuat menjadi interaktif. Masukkan shapes NEXT ke slide Powerpoint Klik pada menu Links Pilih Next Slide pada Action Settings 6 M o d u l K o m p u t e r H e r i I s t i y a n t o ( i s t i y a n t o. c o m )
7 Misalkan kita ingin menambahkan tombol End Show pada Shape berikut. Pilih Insert Shapes pilih Equation Shapes dan pilih yang bertanda silang. Klik pada menu Links. Pilih Next Slide pada Action Settings 8. Menambahkan Animasi Teks/Gambar Animasi teks/gambar pada Powerpoint terdapat di menus Animations Custom Animation yang terdiri dari 4 jenis, yaitu: Entrance : animasi yang jenisnya masuk ke slide presentasi Emphasis : animasi perubahan warna Exit : animasi yang jenisnya keluar dari slide presentasi Motion Paths : animasi yang pergerakannya mengikuti suatu jalus Di dalam keempat jenis animasi di atas masih terdapat jenisnya dan dapat kita pilih yang sesuai dengan selera kita. 7 M o d u l K o m p u t e r H e r i I s t i y a n t o ( i s t i y a n t o. c o m )
8 9. Menambahkan Animasi Transisi Animasi transisi merupakan animasi yang digunakan untuk perpindahan antarslide. Untuk menggunakan animasi transisi langkah-langkahnya sebagai berikut. Klik Animations Pilih jenis animasi transisi yang disukai 8 M o d u l K o m p u t e r H e r i I s t i y a n t o ( i s t i y a n t o. c o m )


9 10. Menjalankan Animasi pada Powerpoint Untuk menjalankan animasi pada Powerpoint dapat menekan F5 dan ESC untuk mengakhiri slide show. LATIHAN POWERPOINT Petunjuk untuk soal PowerPoint Berdasarkan informasi berikut buat slide presentasi di Microsoft PowerPoint dengan ketentuan: 1. Jumlah slide minimal 6 slide. 2. Slide 1 berisi judul presentasi, nama pembuat presentasi. 3. Slide 6 berisi TERIMA KASIH. 4. Tambahkan gambar dan animasi semenarik mungkin dan seperlunya. Informasi: TENTANG LION AIR Lion Air mulai mengangkasa dari Indonesia pada tahun 2000 dengan satu buah pesawat dalam armadanya. Selama delapan tahun beroperasi, Lion Air kini terbang ke lebih dari 36 kota di Indonesia dan banyak tujuan-tujuan penerbangan lainnya, seperti Singapura, Malaysia dan Vietnam dengan armada Boeing ER yang baru. Sebagai perusahaan transportasi swasta yang terbesar di Indonesia, kami bukan hanya menawarkan harga yang terjangkau kepada penumpang kami, namun juga perjalanan udara yang aman, menyenangkan, dapat diandalkan dan nyaman. Pelayanan yang konsisten, keselamatan dan keamanan merupakan pondasi dasar dari segala hal di Lion Air. Komitmen dan dedikasi kami dalam mengaplikasikan pondasi-pondasi tersebut tercermin dalam kesuksesan maskapai kami. Sejak berdiri di tahun 2000, kami telah mengambil 9 M o d u l K o m p u t e r H e r i I s t i y a n t o ( i s t i y a n t o. c o m )