Microsoft powerpoint mempunyai fungsi untuk membantu kita mempresentasikan laporan. Maksudnya powerpoint bisa menyusun bahan presentasi dan menyajikannya  dalam bentuk visual yang menarik  dalam waktu yang singkt.a Berikut ini adalah manfaat dari Microsoft Power Point, antara lain :


  1. Sebagai salah satu sarana komunikasi, Power Point merupakan salah satu aplikasi Microsoft Office yang dapat digunakan untuk merancang dan menyajikan presentasi. Program Power Point terbagi dalam slide-slide, dimana tiap slide-nya berisi suatu topik yang divisualisasikan dalambentukteks danatau gambar / tabel.
  2. Untuk menjalankan Wizard dalam mengorganisir informasi dan untuk merancang tampilan / presentasi
  3. Untuk membantu mengorganisir informasi presentasi dan membantu dengan tampilan keseluruhan.
  4. Microsoft Power Point adalah program aplikasi untuk membuat presentasi secara elektronik yang handal karena memiliki banya keunggulan di antaranya dapat menyisipkan teks, grafik, objek gambar, clipart, movie, suara, dan objek yang dibuat program lain. Di samping itu, dapat dicetak secara langsung menggunakan berbagai media seperti kertas, transparansi,
  5. Faktor yang membuat suatu presentasi menjadi lebih menarikdan efektif,antaralainsebagaiberikut: (1.) Penggunaan berbagai efek yang sesuai seperti efek warna, background, atauefekanimasi. (2.) PenggunaanLCDproyektor. (3.) Penggunaan transparansi dan Over Head Projector (OHP) khususuntukpresentasi tanpa efekanimasi.